Monday, 27 February 2017

Mahasiswa Teknokrat Ciptakan Pengendali Gerbang Otomatis Berbasis Android

BANDAR LAMPUNG -- Mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat Lampung Jurusan Teknik Komputer, Arian Hari Budi, berhasil menciptakan alat pengendali gerbang otomatis berbasis android. 
Dengan alat tersebut seseorang dapat dengan mudah menutup dan membuka gerbang rumah dengan sekali tekan melalui aplikasi berbasis android di handphone. Selain kemudahan, alat yang bekerja menggunakan jaringan bluetooth ini menjadi pendukung keamanan sebuah tempat tinggal.
Arian menjelaskan alatnya yang diberi nama rancang bangun keamanan gerbang rumah menggunakan smartphone berbasis android. Alat tersebut terdiri dari dua komponen, yakni aplikasi yang menjadi pengontrol dan dioprasikan melalui android, serta motor penggerak yang dipasang di gerbang. 
Dia menyebut program menggunakan aplikasi APP Inventor yang kemudian dapat diunduh dan digunakan di semua jenis ponsel pintar berbasis android. Program ini mengharuskan seseorang membuat password untuk dapat mengoprasikan alat yang terpasang di gerbang.
“Ini jadi cara agar orang yang mengetahui paswordnya saja yang dapat mengoprasikan menutup dan membuka gerbang,” jelas Arian saat diwawancarai lampostco, Rabu (18/3/2015).
Alat penggerak otomatis yang digunakan untuk membuka dan menutup gerbang menggunakan motor penggerak Servo, Mikrocontroler Arduino Uno, serta perangkat bluetooth yang mengirim sinyal ke Android. 
Arian menerangkan alatnya tersebut dapat difungsikan dengan jarak maksimal 6 meter jika terhalang oleh tembok atau benda lain. Namun untuk penguncian gerbang harus dilakukan secara manual. Karena alatnya berfungsi membuka dan menutup secara otomatis gerbang saja.

Kata Mutiara

Masa depan adalah milik mereka yang menyiapkan hari ini..

 

Staff Perpustakaan

0.png8.png0.png1.png2.png
Today9
Yesterday26
This week9
This month505
Total8012

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Monday, 27 February 2017 11:03
Powered by CoalaWeb
Go to Top