Monday, 21 August 2017

Mahasiswa Buat Aplikasi Akuaponik

Mahasiswa semester akhir ini, Dian Rani Wijaya berhasil merancang aplikasi mobile untuk pertanian akuaponik. Teknologi akuaponik merupakan cara budidaya yang mengkombinasikan pemeliharaan ikan dengan tanaman.

Aplikasi berbasis android ini dapat membantu  pengembangan pertanian rumahan atau home farming,” kata Dian.

Aplikasi tersebut digandang-gandang sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan pangan mandiri ditengah keterbatasan lahan. Aplikasi rancangan Dian berisi tuntunan bagi masyarakat awam tentang langkah-langkah memulai kegiatan pertanian akuaponik.

Aplikasi ini dapat membantu mengatur jadwal bercocok tanam”, ujar Dian.

Dengan memasukan tanggal tanam, aplikasi tersebut akan mengolah data dan menyajikan tanggal yang tepat untuk langkah selanjutnya, seperti memberi pupuk, mengecek kadar nutrisi, hingga panen.

Dosen STMIK Teknokrat, Bentar Priopradono, mengatakan aplikasi itu cocok digunakan bagi warga yang tinggal diperumahan. “bagi yang tinggal diperumahan dengan lahan terbatas, tetapi tertarik bertani dengan akuaponik, dapat mengunduh aplikasi ini,” kata Bentar.

Pihaknya mengapresiasi karya tersebut karna dinilai bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. Melalui aplikasi itu, masyarakat diharapkan semakin cerdas memanfaatkan lahan yang terbatas untuk menghasilkan bahan pangan secara mandiri.

Kata Mutiara

Kebijaksanaan bukanlah dilihat dari usia, tapi dilihat dari pengalaman dan pengetahuannya....

 

Staff Perpustakaan

1.png3.png5.png9.png8.png
Today39
Yesterday23
This week39
This month711
Total13598

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Monday, 21 August 2017 23:25
Powered by CoalaWeb
Go to Top