Tuesday, 27 June 2017

Mahasiswa Ciptakan Kamus Tiga Dimensi

UNIT kegiatan mahasiswa (UKM) Programming Teknokrat terus berinovasi menciptakan berbagai teknologi canggih dan bermanfaat. Baru-baru ini, UKM tersebut merancang aplikasi yang mampu memindai kata dan mengolahnya menjadi animasi tiga dimensi.

Pembimbing UKM Rohmat Indra Borman mengatakan aplikasi tersebut mengusung teknologi augmented reality (AR). “Games Pokemon Go! Juga menggunakan teknologi serupa,” kara Rohmat, kepada Lampung Post, Rabu (17/8).

Menurut dia, aplikasi yang dibuat dalam bentuk kamus tiga dimensi itu mampu mengolah sekitar 100 nama hewan dan buah, nama-nama tersebut di-input ke dalam program. “Ketika kamera ponsel memindai suatu nama, informasi tersebut diolah menjadi visual tiga dimensi secara bersamaan,” kata Rohmat.

Aplikasi tersebut digadang menjadi salah satu media pembelajaran bagi anak. “Selain dapat membaca, anak dapat mengenali objek dari gambar tiga dimensi yang menarik,” ujar Rohmat.

Mahasiswa perancang aplikasi tersebut, yakni Dwi Randy H dan Fery Saputra. Menurut Randy, smartphone yang dapat digunakan untuk aplikasi rancangannya adalah yang berbasis Windows Phone (WP). “Ke depan akan terus kami kembangkan, termasuk ke smartphone dengan system Android kata dia.

Ke depan, aplikasi tersebut juga akan dikembangkan untuk memindai rumus matematika pada soal perhitungan. Nantinya, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk menyelesaikan perhitungan hanya dengan memotret soal. (IMA/*1/D1)

Kata Mutiara

Belajarlah dari masa lalu jika kita ingin mendefinisikan masa depan....

 

Staff Perpustakaan

1.png1.png5.png2.png1.png
Today2
Yesterday48
This week50
This month1253
Total11521

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Tuesday, 27 June 2017 01:41
Powered by CoalaWeb
Go to Top