Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menjadi salah satu perwakilan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia
Saturday, 19 October 2019

Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menjadi salah satu perwakilan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia

Divisi Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) menjadi salah satu perwakilan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) lampung untuk hadir dalam agenda besar perpustakaan, yaitu Rakernas Perpustakaan 2018. Agenda Rakernas Perpustakaan dibagi menjadi dua bagian, diantaranya pembukaan berlokasi di Perpustakaan Nasional RI di jalan Medan Merdeka Selatan dan Sidang Pleno Rakernas Perpustakaan 2018 bertempat di Hotel Bidakara Grand Pancoran Jakarta.

Pada pembukaan Rakernas Perpustakaan 2018 dibuka oleh wakil Presiden RI bapak Yusuf Kalla serta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan ibu Puan Maharani dan dilanjutkan dengan penandatangan MOU Perpustakaan Nasional RI dengan Menteri Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Indonesia bapak Eko Putro Sandjojo, BSEE., M.BA. dalam program Perpustakaan desa, dan di lanjutkan peluncuran Perpustakaan Digital di Perpustakaan Nasional RI.

Pada pembukaan Rakernas Perpustakaan 2018 bapak Yusuf Kalla berpesan kepada semua perpustakaan seluruh Indonesia untuk meningkatkan kreatifitas dan meningkatkan mutu layanan prima perpustakaan, kemajuan teknologi harus menjadi hal positif dalam meningkatkan perkembangan perpustakaan. Keberhasilan perpustakaan tidak di lihat dari besarnya gedung yang dimiliki, kemegahan ruang dan kelengkapan fasilitas, akan tetapi keberhasilan perpustakaan dilihat dari banyaknya daya kunjung masyarakat ke perpustakaan, dan daya minat baca masyarakat akan buku perpustakaan itu namanya berhasil.


Pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) 2018 menghasilkan rekomendasi diantaranya:

  1. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk melaksanakan transformasi layanan perpustakaan berbasis inklusi social guna meningkatkan kesejahtraan masyarakat.
  2. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk menjalin sinergitas antara pemangku kepentingan di pusat dan daerah untuk meningkatkan literasi masyarakat.
  3. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk meningkatkan ketersediaan dan kualitas tenaga perpustakaan dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.
  4. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk mengsosialisasikan perpustakaan sebagai hak masyarakat dalam meningkatkan kualitas hidupnya
  5. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk memperkuat kerangka regulasi guna meningkatkan setutus kelembagaan, penajamanan program dan kegiatan, alukasi anggaran, ketersediaan SDM pengelola, dan ketermanfaatan perpustakaan di masyakarat.
  6. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk mendukung gerakan open access untuk mewujudkan satu repository pengetahuan Indonesia.
  7. Seluruh perpustakaan Indonesia sepakat untuk mengimplementasikan gerakan nasional”pustakawan bergerak” dalam memastikan pemerataan akses ke perpustakaan Indonesia.
  8. Perpustakaan nasional dan seluruh perpustakaan Indonesia bertekat untuk mempersempit kesenjangan ketersediaan koleksi, tenaga perpustakaan, dan ketersebaran layanan perpustakaan diseluruh wilayah tanah air.

FPPTI lampung mengirim 4 perwakilan untuk hadir dalam Rakornas Perpustakaan 2018 di Jakarta, diantaranya Universitas Teknokrat Indonesia, Universitas Muhammadiyah Metro, STIKes Muhammadiyah Pringsewu dan Akademik Keperawatan Dharma Wacana Metro. Agenda Rakornas dilaksanakan selama 3 hari yaitu dari tanggal 26-28 Maret 2018.

 

 

 

 

Kata Mutiara

Kebijaksanaan bukanlah dilihat dari usia, tapi dilihat dari pengalaman dan pengetahuannya....

 

Staff Perpustakaan

5.png2.png7.png8.png7.png
Today5
Yesterday29
This week143
This month461
Total52787

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Saturday, 19 October 2019 02:06
Powered by CoalaWeb
Go to Top