Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah dalam Bidang Kepustakawanan
Saturday, 19 October 2019

Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah dalam Bidang Kepustakawanan

Divisi Perpustakaan Universitas Teknokrat Indonesia menghadiri Pelatihan Penulisan dan Publikasi Karya Ilmiah Dan Penobatan Duta Baca Perpustakaan UNILA 2018 Forum Perpustakaan Tinggi Indonesia (FPPTI) lampung, yang bertempat di perpustakaan Universitas Lampung, Ruang seminar lantai 3 UPT perpustakaan Universitas Lampung.
Berlandasan akan sebuah keterampilan menulis karya ilmiah merupakan salah satu aspek utama di dunia perguruan tinggi yang menjadi tolak ukur dalam penyebaran ilmu pengetahuan. Membuat karya tulis bidang kepustakawanan masuk dalam kategori kegiatan pengembangan profesi pustakawan (peraturan kemenpan-RB No 9 tahun 2014). Pada acara Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah diharidi oleh berbagai pustakawan dari berbagai perguruan tinggi di lampung.
Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah dalam Bidang Kepustakawanan bernarasumber:
Dr. Sri Purwiyanti, Ph.D.
Dr. Eng. Dian Permata, S.T., M.T
Rd. Erni Fitriani, S.Sos., M.Si.
Meizano Ardhi Muhammad, S.T., M.T.

Pelatihan Penulisan Dan Publikasi Karya Ilmiah pustakawan diajarkan bagaimana melakukan penulisan yang baik dan benar, dan trik-trik supaya hasil tulisan menjadi menarik dan memiliki daya tarik untuk di download atau di butuhkan oleh orang lain, pada acara tersebut pustakawan di awali dari konsep dasar penulisan yang berlandasan kepada berpikir, pengetahuan dan nalar. Berpikir nalar merupakan kemampuan berpikir menurut alur kerangka berpikir tertentu. Pada penulisan di awalin dengan sebuah Penalaran yang menghasilkan pengetahuan yang berkaitan dengan kegiatan berpikir bukan dengan perasa (insting). Pada penulisan pengetahuan dapat di sandarkan dengan subjek (manusia), objek (Informasi dan data) dan kebenaran.
Dalam penulisan ilmiah biasanya penulis disibukkan dengan pengumpulan data, bisa melalui wawancara kepada pihak yang berwenang dalam tema yang di ambil, melalui observasi atau pengelaman, pustaka atau dokumentasi.
Pada penulisan karya ilmiah biasanya penulis diberi batasan dalam pemberian referensi atau daftar pustaka, narasumber menyarankan pada penulisan ilmiah penulis dalam melakukan referensi dapat berupa buku (25 %) jurnal (80%) dan 30% jurnal terbaru.

Dalam meningkatkan kompetensi dan pengetahuan akan sebuah ilmu penulisan dan publikasi Universitas Teknokrat Indonesia mengirim dua Pustakawannya. Acara tersebut yang  dilaksanakan pada hari kamis tanggal 13 September 2018, pukul 08:00-16:00 WIB.

Kata Mutiara

Kebijaksanaan bukanlah dilihat dari usia, tapi dilihat dari pengalaman dan pengetahuannya....

 

Staff Perpustakaan

5.png2.png7.png8.png7.png
Today5
Yesterday29
This week143
This month461
Total52787

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Saturday, 19 October 2019 02:08
Powered by CoalaWeb
Go to Top