INTEGRASI RAMA REPOSITORY DAN INTITUTIONAL REPOSITORY TEKNOKRAT UNIVERSITY.
Wednesday, 02 December 2020

INTEGRASI RAMA REPOSITORY DAN INTITUTIONAL REPOSITORY TEKNOKRAT UNIVERSITY.

 

Repositori sebagai tempat penyimpanan bahan-bahan digital yang dihasilkan oleh suatu institusi perguruan tinggi berkaitan erat dengan perubahan yang terjadi dalam pengelolaan sumberdaya informasi di perpustakaan. Berbagai sumberdaya informasi berbasis kertas (paperbased), yang selama ini merupakan primadona perpustakaan tradisional, sekarang telah banyak tersedia dalam format digital. Kemapanan sumberdaya informasi berbasis kertas ditantang oleh sumberdaya informasi digital yang menawarkan cara yang berbeda dalam penyimpanan dan menemubalikkan informasi. Beraneka ragam sumber daya informasi digital yang dikembangkan oleh para pustakawan, perpustakaan dan penerbit, terutama di negara maju. Terjadi pertumbuhan informasi yang sangat dahsyat, khususnya dalam format digital yang menyebabkan sejumlah perpustakaan, termasuk perpustakaan perguruan tinggi harus menyediakan layanan digital yaitu dengan cara memberi akses kepada pengguna terhadap berbagai sumberdaya informasi digital baik yang tersedia di dalam perpustakaan (yang dimiliki) maupun yang berada di luar perpustakaan. Akses informasi digital menjadi suatu paradigma baru pelayanan perpustakaan.

RAMA merupakan repositori nasional laporan hasil penelitian baik berupa skripsi, tugas akhir, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi(S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan merupakan publikasi di jurnal, konferensi maupun buku. 

Memudahkan peneliti lainnya untuk mencari bahan referensi penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya di Indonesia serta mengenalkan penelitian yang telah dilakukan saat ini. Dengan mengintegrasikan Repositori yang ada di perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian, maka setiap penelitian yang sudah dilakukan di Perguruan Tinggi khususnya Tugas Akhir Mahasiswa dan Lembaga Penelitian dapat terhindar dari duplikasi dan plagiarism hasil penelitian. 

Kata Mutiara

Kebijaksanaan bukanlah dilihat dari usia, tapi dilihat dari pengalaman dan pengetahuannya....

 

Staff Perpustakaan

7.png8.png8.png1.png1.png
Today12
Yesterday72
This week144
This month84
Total78811

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Wednesday, 02 December 2020 02:23
Powered by CoalaWeb
Go to Top