Rapat koordinasi Nasional Bidang perpustakaan Thn 2020
Wednesday, 02 December 2020

Rapat koordinasi Nasional Bidang perpustakaan Thn 2020


Laporan Kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS)

Bidang Perpustakaan tahun 2020

Pendahuluan.

Perpustakaan memiliki peran penting dalam upaya mewujudkan sumber daya manusia yang unggul, mandiri dan mampu berdaya saing di era global. Hal ini sesuai dengan peran perpustakaan dalam mewujudkan masyarakat berpengetahuan dan berkeahlian. Oleh karena itu, perlu ikhtiar kolektif agar kegemaran membaca dan memanfaatkan laynana perpustakaan dapat menjadi bagian dari hidup keseharian masyarakat. Membaca merupakan factor esensial dalam upaya membangun fondasi yang kokoh bagi terwujudnya budaya literasi, inovasi dan kreativitas masyarakat.

            Perpustakaan adalah ruang terbuka bagi masyarakat untuk mempertinggi pengetahuan sebagai prasyarat partisipasi dalam pembangun.  Dalam UU No 43 Tahun 2007, pasal 5 mengatakan, Perpustakaan berkontribusi aktif mendukung pembangunan manusia, dalam upaya mempercepat pengurangan kemiskinan yang disebabkan karena persoalan konektifitas dengan sumber saya pengetahuan, ketersediaan sumber saya pengetahuan untuk meningkatkan kompetensi diri mengatasi keterbatasan akibat factor geografis, fisiologis dan psikis masyarakat.

Tujuan

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2020 bertujuan

1.    Untuk mengintegrasikan dan mengsinkronisasikan pelaksanaan program dan kegiatan pembangunan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca antara pemangku kepentingan pembangunan perpustakaan lintas pusat dan daerah.

2.     Untuk mengidentifikasi permasalahan dan isu-isu strategis terkait dengan pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

3.   Untuk menyelaraskan pelaksanaan sasaran program dan kegiatan, target, dan focus pengembangan perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca. 

Waktu dan Tempat Pelaksaan

Rakornas Bidang perpustakaan akan dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 27 Februari 2020, bertempat di Hotel Bidakara Jl. Gatot Subroto No. Kav 71-73 tebet, Jakarta Selatan.

Hasil Kegiatan

Rakornas Bidang Perpustakaan Tahun 2020 sebagai berikut :

1.        Setiap pustakawan harus sudah tersertifikasi pustakawan guna mengetahui kemampuan dan mengukur kompetensi pustakawan dalam kegiatan puspustakaan. Sertifikasi perpustakaan merupakan sebuah pengakuan yang di berikan atas kompetensi dan kemampuan yang diberikan sebagai profesi pustakawan. Pengembangan profesi pustakawan Pustakawan pengajar/ Teacher librarian • Pustakawan peneliti/ Researcher librarian • Pustakwan penulis / Writer librarian • Pustakawan wirausahawan/ Enterpreneurship librarian. Sertifikasi dapat di gunakan untuk meningkatkan nilai akreditasi instansi ataupun akreditas perpustakaan dan juga sebagai bukti yang sah dalam tingkat kemampuan dalam profesi. PP No 24 tahun 2014 pasal 35 mengatakan Pustakawan harus memiliki sertifikat kompetensi yang menjadi dasar pertimbangan dalam peningkatan karier Pustakawan, yang diperoleh dari lembaga sertifikasi.  

Pengembangan profesi pustakawan yang belum termaksimalkan, yaitu :

  1. ·         Pustakawan Pengajar / Teacher librarian
  2. ·         Pustakawan peneliti / Researcher librarian
  3. ·         Pustakawan penulis / Writer librarian
  4. ·         Pustakawan Wirausaha / Enterpreneurship librarian

(Dr. Wiji Suwarno Ketua Ikatan Sarjana Ilmu Perpustakaan dan Informasi Indonesia)

2.        Program Diklat dan pelatihan pustakawan

Program diklat kepustakawanan bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme  pustakawan dan tenaga teknis perpustakaan, dilaksanakan oleh perpustakaan nasional RI maupun kerjasama dengan organisasi profesi dan instansi terkait secara konvensional maupun berbasis teknologi informasi (TI) dengan pola akreditasi dan kemitraan. Diklat Profesi pustakawan termasuk dalam karagori free diklat tapi untuk perjalanan dan akomodasi pulang di tanggung oleh instansi masing-masing, akan tetapi ada juga diklat yang berbayar jadi tergantung akan tema diklat apa yang ingin di ambil.

PP dan PD IPI Sebagai mitra kerja Bekerjasama  dengan berbagai pihak Mendukung Pogram Kerja Pemerintah Program Pustakawan Berkarya / Bergerak, Perpustakaan Berbasis  Inklusi Sosial , Akreditasi Perpustakaan dan Sertifikasi Pustakawan,  Pembudayaan Minat Baca, Bimtek peningkatan Kompetensi Tenaga Pengelola Perpustakaan, Penyusunan Dupak DLL.

(T.Syamsul bahri,Sh,M.Si. Ketua Umum Pp Ikatan Pustakawan Indonesia)

3.        Akreditasi Perpustakaan

Akreditasi adalah proses jaminan mutu dikendalikan oleh standar, kebijakan dan prosedur (O’Brien, 2010). Proses akreditasi memerlukan asesmen mutu perpustakaan dan penguatan operasi pendidikan melalui pengembangan dan validasi standar. Akreditasi juga merupakan kondisi, di dalamnya bila sebuah lembaga terakreditasi maka hal itu memberikan kepercayaan kepada publik bahwa sebuah perpustakaan beserta koleksi, jasa, sumber daya manusia dan fasilitas lain memenuhi komitmen pada mutu perpustakaan.

Akreditasi memberikan asesmen dan penguatan mutu; di sini mutu atau kualitas didefinisikan sebagai  pendayagunaan yang efektif akan sumber daya guna mencapai tujuan perpustakaan yang sesuai. Tujuan akreditasi ialah meyakinkan anggota sebuah  profesi,  mahasiswa, keluarga,  pejabat pemerintahan, pers, komunitas pendidikan dan pustakawan bahwa perpustakaan (a) memiliki tujuan yang jelas; (b) mempertahankan kondisi yang memungkinkan tercapainya tujuan; (c) pencapaian tujuan haru secara substantif   dan (d) diharapkan tetap melanjutkan keberhasilan. Akreditasi tidak serta merta menunjukkan peringkat perpustakaan melainkan menunjukkan keunikan masing-masing perpustakaan.

Akreditas perpustakan memiliki 2 jenis yaitu jenis mandiri dan jenis APBN maknanya adanya fee dan free. Jenis mandiri semua ongkos dari kedatangan Asesor dan proses akreditasi di tanggung oleh instansi yang di akreditasi, dan ini sangat disarankan kepada perguruan tinggi yang mampu atau mampan. Jenis APBN semua ongkos dari kedatangan assessor dan proses akreditas sepenuhnya di tanggung oleh pemerintah akan tetapi proses yang cukup lama karena untuk jenis ini mintanya cukup banyak.

(Drs. Muhammad Syarif Bando, MM Kepala Perpustakaan Nasional RI)

4.        Inklusi Sosial

Perpustakaan memiliki peran penting sebagai pusat belajar masyarakat. Sebagai penyedia layanan yang sesuai dengan kemajuan teknologi dan komunikasi, serta kebutuhan masyarakat, perpustakaan terus berinovasi dan bertansformasi menjadi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan upaya meningkatkan akses kepada masyarakat agar mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Sehingga terjadi proses belajar yang mendorong kreativitas dan inovasi agar menjadi produktif, bagi kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

Transformasi Inklusi social dalam perguruan tinggi dapat membantu masyarakat dalam meningkatnya kesejahtraan masyarakat, inklusi social ini dalam dijadikan program pengambdian masyarakat sesuai dengan tujuan Tri Dharga Perguruan Tinggi seperti : Melakukan pengembangan perpustakaan digital di daerah, Memberikan pelatihan desain web kepada pemuda-pemuda desa, Memberikan pelatihan merakit computer untuk remaja desa, Memberikan pelatiahn computer, Memberikan pelatihan dalam pemasaran menggunakan media visual, Memberikan pelatihan komunikasi produk, Pelatihan marketing,   Pelatiahan bahasa inggris untuk anak-anak desa,   Pelatihan/ kursus matematika.

 (Dr. Purwani Istiana, SIP., M.A. PustakawanMadya, Universitas Gadjah Mada)

 

Penutup

            Melalui rapat koordinasi ini diharapkan menjadi forum urun rembuk nasional bagi para pustakawan, stakeholder dan pemangku kepentingan bidang perpustakaan dan lieterasi, baik teknokratik, akademik, pakar dan praktisi literasi masyarakat. Semoga informasi yang didapat dari rakornas dapat di implemtasikan dan di tindaklanjuti oleh setiap instansi dan perguruan tinggi guna terciptanya masyarakat sejahtera sesuai dengan UUD 1945 yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. 

Kata Mutiara

Kebijaksanaan bukanlah dilihat dari usia, tapi dilihat dari pengalaman dan pengetahuannya....

 

Staff Perpustakaan

7.png8.png8.png1.png1.png
Today12
Yesterday72
This week144
This month84
Total78811

Visitor Info

Who Is Online

1
Online

Wednesday, 02 December 2020 02:32
Powered by CoalaWeb
Go to Top